Slidedf

Pentingnya Menggunakan Bearing Asli dari Aerzen

Pemilihan bearing adalah hal yang sangat penting pada semua rotating machine. Pemilihan bearing yang tidak sesuai dengan kebutuhan tentunya akan menimbulkan berbagai problem, mulai dari usia pakai yang terlalu cepat, over cost, atau bahkan menimbulkan kerusakan pada komponen lain dalam mesin. Untuk pemilihan bearing pada saat RnD mesin tentunya perlu berdiskusi dengan bearing maker, sedangkan untuk pemilihan bearing sebagai sparepart akan lebih baik bila mengikuti saran spare bearing dari machine maker yang telah membahasnya bersama bearing maker.

Bearing yang disediakan seharusnya sesuai dengan kebutuhan mesin. Seberapa berbahaya menggunakan bearing non original AERZEN? Sebagai contoh mari kita lihat pada contoh kasus AERZEN blower berikut ini.

Pada kasus ini, penggunaan bearing non original AERZEN menyebabkan patahnya shaft rotor blower pada sisi pulley. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Kerusakan diatas disebabkan pemilihan bearing yang tidak sesuai dengan bearing original AERZEN. Pada kasus tersebut pemilihan jenis material dan ukuran cage berbeda dengan bearing original. Selain itu, clearance yang digunakan juga tidak sesuai dengan standard bearing originalnya. Perbedaan beberapa detail pada bearing yang terlihat tersebut begitu mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan.

Bearing original AERZEN ini menggunakan clearance atau kelonggaran celah antara inner ring, outer ring dan roller dengan ukuran tertentu yang sudah dihitung oleh bearing maker. Pemilihan clearance dengan ukuran dan kode tertentu ini didasari berbagai faktor yang sudah dihitung oleh machine makers, terutama beban, rpm bearing, lubrikasi dan temperature operasional.  

Selain dari segi clearance pemilihan material untuk cage juga yang digunakan pada bearing original juga didesain untuk menahan kapasitas tertentu. Penggunaan material dengan ukuran atau bentuk yang berbeda pada cage tentunya akan mengakibatkan masalah. Misalnya saja, jika material yang digunakan lebih lemah maka akan menyebabkan bearing sering rusak atau aus.  Atau jika material yang digunakan lebih kuat maka bearing akan lebih kuat dan dapat menyebabkan elemen lain rusak, karena pada saat RnD mesin si pembuat tentu akan menghitung elemen mana yang harus lebih kuat dan elemen mana yang harus lebih lemah agar proses penggantian sparepart lebih mudah dan juga mencegah critical component yang memiliki harga lebih mahal akan rusak terlebih dahulu.

Ukuran pada cage bearing juga menentukan ketahanan suatu bearing, jika ukuran lebih kecil maka akan lebih cepat rusak dan jika lebih tebal memungkinkan cage clearance yang tidak sesuai dengan standar yang digunakan. Cage clearance yang lebih sempit akan membuat bearing cepat rusak dikarenakan pemuaian saat digunakan pada putaran tinggi.

Maka dari itu penggunaan bearing non Original  tentu sangat tidak dianjurkan, karena kita tidak tahu mengenai kebutuhan dan kapasitas bearing yang digunakan secara detail sesuai dengan desain mesin yang dibuat oleh machine maker, baik dari segi clearance, material cage yang digunakan, ukuran cage dan faktor lain yang tidak bisa kita dapatkan hanya dari menyamakan ukuran atau kode bearing saja. Kondisi bearing yang ada dipasaran juga tidak dapat kita pastikan sesuai dengan kapasitas dan spesifikasi yang sesuai meskipun memiliki marking code atau bentuk yang hampir mirip.

Contoh Bearing Original AERZEN

PT. Kusuma Teknik Persada is the Authorized Distributor & Service Partner of AERZEN in Indonesia

Jika anda ingin tahu solusi yang terbaik untuk kebutuhan anda ataupun jika anda mengalami masalah pada equipment pompa, blower, vacuum dan compressors anda, maka anda dapat menghubungi kami via kontak di bawah ini:
E-mail : sales@kusumateknik.co.id
WhatsApp : +62 878-5277-0441
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-55785429 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?