Slidedf

Peralatan Pembersihan Tangki (Tank Cleaning) Otomatis ALFA LAVAL

PERALATAN PEMBERSIHAN TANGKI (TANK CLEANING) OTOMATIS – ALFA LAVAL

Dalam manufaktur produk yang kritis seperti makanan, minuman dan farmasi, pembersihan tangki merupakan proses mendasar yang dapat menjadi tantangan tersendiri.

Tangki harus dibersihkan secara menyeluruh setelah setiap batch produksi. Namun dalam prosesnya, pembersihan tangki yang tidak tepat justru dapat mengakibatkan dampak yang berbahaya seperti kontaminasi, kerusakan tangki, pembengkakan biaya hingga keselamatan pekerja. Oleh karena itu, pembersihan tangki harus dilakukan secara tepat agar dapat memberikan dampak positif terhadap keselamatan, keberlanjutan, dan penghematan biaya.

Metode pembersihan tangki umumnya ada dua, manual dan otomatis. Pembersihan tangki secara manual memerlukan masuknya bagian tubuh pekerja ke dalam tangki. Hal ini menyebabkan pembersihan tangki secara manual memiliki risiko kontaminasi dan K3 yang lebih besar dari paparan pekerja. Selain itu juga pembersihan tangki secara manual memerlukan waktu yang lebih lama sehingga dapat mengurangi produktivitas.

Sementara pembersihan tangki otomatis umumnya menggunakan nozel atau bola semprot yang dipasang dalam tangki yang dalam pengoperasiannya memerlukan lebih sedikit sumber daya dan lebih aman dari kontaminasi.

Pemilihan peralatan pembersih tangki otomatis yang tepat dapat mengurangi waktu henti (downtime) secara signifikan, sekaligus dapat mengurangi penggunaan air, bahan kimia yang digunakan dan energi.

Peralatan Tank Cleaning oleh Alfa Laval

Alfa Laval menawarkan tiga teknologi pembersihan tangki otomatis.

  1. Static Spray Ball

Static spray ball atau bola semprot statis membersihkan tangki dengan menyemprotkan air ke interior tangki pada pola statis. Teknologi ini membutuhkan waktu pembersihan yang lebih lama dengan biaya pengoperasian yang lebih tinggi.

  1. Rotary Spray Head

Rotary spray head membersihkan tangki dengan menembakkan kipas air ke dinding tangki dengan pola dinamis yang efektif. Teknologi ini dapat menghemat air dan bahan kimia 30% lebih banyak daripada static spray ball.

  1. Rotary Jet Head

Teknologi ketiga yang ditawarkan Alfa Laval dalam Tank Cleaning adalah rotary jet head yang dapat membersihkan tangki dengan kekuatan benturan tinggi yang dihasilkan dari semburan air yang kuat. Rotary jet head dapat membersihkan residu paling membandel sekalipun. Rotary jet head sangat efektif sehingga dapat mengurangi konsumsi air dan bahan kimia hingga 70% dan juga waktu pembersihan hingga 50% dibandingkan dengan spray ball.

Berikut adalah perbandingan konsumsi air dan waktu operasi dari teknologi tank cleaning Alfa Laval

Produk lain yang ditawarkan Alfa Laval Indonesia dapat dilihat di sini.

Case Story : Contoh Aplikasi Tank Cleaning Alfa Laval

INVE Aquaculture, spesialis nutrisi, kesehatan dan lingkungan untuk ikan dan udang, memiliki persyaratan ketat untuk higienitas dan kualitas produk.

Sebelumnya plant INVE Aquaculture harus menghentikan produksi setiap 5 hari untuk membersihkan spray dry tower setinggi 7 meter. Pekerja membutuhkan waktu 12 jam untuk membersihkan tangki secara manual yang menyebabkan pembengkakan biaya dan pengurangan produktivitas.

Alfa Laval Rotary Jet Head dipasang di INVE Aquaculture dengan menggunakan pola yang menyediakan cakupan pembersihan 360 derajat di tangki bagian dalam dan permukaan tabung. Ideal untuk kondisi higienis yang diperlukan untuk batch produksi.

Dengan menggunakan Alfa Laval Rotary Jet Head untuk pembersihan tangki, INVE Aquaculture dapat meningkatkan produktivitas, keselamatan pekerja dan efisiensi pembersihan yang terpercaya.

Alfa Laval Tank Cleaning Equipment

  • Exceptional cleanability
  • Better end product quality
  • Greater overall output
  • Reduced operating cost
Alfa Laval is a leading global supplier of products and solutions within the key technology areas of heat transfer, separation, and fluid handling.

Jika anda ingin tahu solusi yang terbaik untuk kebutuhan anda ataupun jika anda mengalami masalah pada equipment pompa sanitary, blower, vacuum dan compressors anda, maka anda dapat menghubungi kami via kontak di bawah ini:

PT. Kusuma Teknik Persada is the Authorized Distributor & Service Partner of ALFA LAVAL Indonesia

E-mail : sales@kusumateknik.co.id
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-29516282 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?