Slidedf

Alfa Laval Heat Exchangers – Brazed & AlfaNova

Alfa Laval AlfaNova PHE (Plate Heat Exchangers)

Alfa Laval AlfaNova
Fig 1. Alfa Laval AlfaNova PHEs

Alfa Laval AlfaNova Plate Heat Exchangers merupakan suatu alat penukar kalor yang yang terdiri dari susunan pelat yang disusun dengan teknologi Fusion-Bonded (AlfaFusion Technology) dengan material yang 100% terbuat dari stainless-steel yang mampu membuat konstruksi tersebut memungkinkan mampu untuk menahan temperatur kerja hingga sebesar 550°C (1020°F). Sebagai hasilnya AlfaNova sangat dapat dihandalkan dalam aplikasi dengan tekanan dan temperatur kerja yang ekstrem dengan ketahanan kelelahan logam yang lebih besar daripada penukar panas pelat brazing konvensional, dengan penggunaan material yang sama pada tiap komponen utamanya juga memberikan efisiensi termal yang tinggi, serta sebagai tambahan memberikan kekuatan mekanis yang baik pada setiap bagian sambungan pengelasannya.

  • Keunggulan Desain
keunggulan phe alfa laval alfanova
Fig 2. Desain & Lifetime AlfaNova

Teknologi AlfaFusion menyegel dan menahan pelat di titik kontak dengan bahan pengisi untuk memastikan efisiensi perpindahan panas dan ketahanan tekanan yang optimal. Menggunakan teknologi desain yang canggih serta verifikasi ekstensif menjamin kinerja yang baik serta durabilitas dan umur pengoperasian yang sepanjang mungkin. Tersedia berbagai tingkat tekanan pengoperasian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan. Setiap unit dibuat khusus untuk memenuhi persyaratan spesifik setiap instalasi individu. Keuntungan dengan menggunakan konsep desain pelat bergelombang, turbulensi tinggi dibuat dengan kecenderungan pengotoran yang rendah, sehingga AlfaNova sangat efisien dalam hal perpindahan panas. AlfaNova memiliki desain yang sangat kompak seperti tanpa frame dengan desain tekanan hingga 30 bar, namun dengan perawatan yang sangat mudah.

heat exchanger comparison
Fig 3. Heat Exchanger Comparison
  • Keunggulan Alfa Laval AlfaNova PHE
    • Material 100% terbuat dari stainless-steel dengan teknologi AlfaFusion.
    • Bebas perawatan.
    • Tahan korosi.
    • Mampu bekerja dengan baik di tekanan & temperatur yang tinggi
    • Bebas dari kontaminasi tembaga & nikel.
    • Sistem pengelasan penuh.
    • Tanpa penggunaan gasket.
    • Sudah bersertifikat AHRI untuk kinerja termal yang handal dalam berbagai aplikasi HVAC.
    • Solusi optimal untuk aplikasi yang membutuhkan tingkat higienis yang tinggi seperti sistem air keran.
    • Distribusi beban yang baik menjamin ketahanan yang sangat baik terhadap kelelahan logam.
    • COP (Coefficient of Peformance/Koefisien Kinerja) yang baik

Alfa Laval Copper Brazed PHE (Plate Heat Exchangers)

alfa laval copper brazed phe
Fig 4. Alfa Laval Copper Brazed PHEs

Hampir sama dengan AlfaNova, Copper-Brazed merupakan Plate Heat Exchangers yang dirancang dengan desain yang kokoh serta handal, yang terdiri dari rangkaian pelat yang diproses dengan cara brazing. Bahan brazing merupakan tembaga dengan tingkat kemurnian 99,9%. Secara keseluruhan, komposisi tembaga sekitar 10% dari total berat. Beberapa aplikasi untuk penggunaan Alfa Laval Copper Brazed PHEs adalah hot water circuits untuk pasteurisasi & sterilisasi serta heat treatment plants dan equipment-nya. Alfa Laval Copper Brazed PHEs merupakan solusi ringkas untuk pemanasan, pendinginan, penguapan, dan kondensasi dalam berbagai aplikasi dengan perawatan yang minim namun dengan efisiensi dan kinerja termal yang baik, Sehingga memungkinkan masa pakai yang jauh lebih lama.

perbedaan phe
Fig 5. Pressure & Thermal Fatigue Comparison

Aplikasi AlfaNova dan Copper Brazed PHEs

aplikasi phe alfanova
Fig 6. Aplikasi penggunaan AlfaNova dan Copper Brazed

Beberapa contoh aplikasi penggunaan AlfaNova dan Copper Brazed PHEs adalah industri makanan dan minuman, hasil olahan susu (dairy), dan farmasi. Diantaranya adalah aplikasi berkelanjutan seperti pasteurisasi, dan aplikasi batch seperti pemanas tangki.

  • Pendinginan yaitu sebagai kondensor dan evaporator.
  • HVAC pada instalasi bangunan.
  • Industri kimia seperti fermentasi, sintetis ammonia, dll.
  • Industri metalurgi digunakan untuk proses pemanasan dan pendinginan.
  • Industri makanan seperti pasteurisasi dan sterilisasi.
  • Sistem refrigasi.
  • Sistem pendinginan oli.

Aplikasi Pada Proses Berkelanjutan Sterilisasi dan Pasteurisasi

Pada proses berkelanjutan sterilisasi, pasteurisasi, termisasi ataupun perlakuan panas semuanya memiliki cara kerja yang sama. Proses tersebut berjalan selama berjam-jam dalam kondisi yang stabil. AlfaNova maupun Copper Brazed merupakan pilihan yang tepat dan hemat untuk aplikasi ini.

phe sterilisasi
Fig 7. Proses Berkelanjutan Sterilisasi dan Pasteurisasi

Aplikasi Pada Proses Pengemasan Dengan Perlakuan Panas 

Pada proses pengemasan dengan perlakuan panas, memiliki kesamaan dengan proses kontinyu seperti pada sterilisasi atau pasteurisasi. Kemasan kecil seperti kaleng, botol, toples, atau kantung diangkut melewati sepanjang mesin menggunakan conveyor. Setelah itu produk disemprotkan atau direndam dengan air panas di dalam mesin tersebut. Katup spray ditempatkan di sepanjang mesin dan masing-masing produk akan disemprotkan berkali-kali. Ini untuk memastikan bahwa bagian dalam dari produk mencapai temperatur tertentu sesuai dengan yang diharapkan. Dikarenakan kebutuhan yang banyak akan air panas ini maka diperlukan juga heat exhanchers yang sesuai. Copper Brazed PHEs merupakan solusi yang tepat untuk pengaplikasian ini.

phe pasteurisasi
Fig 8. Proses Perlakuan Panas Terhadap Produk Kemasan

Hubungi Kami

Apabila Anda memiliki kebutuhan atau kendala pada equipment Alfa Laval Anda, silahkan menghubungi PT. Kusuma Teknik Persada sebagai Authorized Distributor Alfa Laval Indonesia melalui kontak di bawah ini :
E-mail : info@kusumateknik.co.id
WhatsApp : +62 878-5277-0441
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-55785429 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?