Slidedf

Solusi Efisien dan Hemat Energi untuk Pencampuran Bubuk yang Tidak Mudah Larut dengan Hybrid Powder Mixer

Memilih peralatan mixing seringkali menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk mixing bubuk yang sulit dilarutkan. Ditambah lagi sistem mixing umumnya memerlukan lebih dari tiga motor elektrik yang dapat mengakibatkan pemborosan konsumsi energi dan menghasilkan banyak emisi CO2 yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia dan lingkungan. Oleh karena itu, penting untuk memilih peralatan powder mixing yang tepat sehingga produktivitas tetap tinggi, hemat energi serta menghasilkan kualitas mixing terbaik.

Alfa Laval menjawab tantangan ini dengan seri Hybrid Powder Mixer S15 dan M15.

Hybrid Powder Mixer

hybrid powder mixer

Alfa Laval Hybrid Powder Mixer adalah unit mobile dan stationary yang menggunakan motor tunggal standar untuk mencampur bubuk dan zat cair dengan cepat dan efisien.

Alat ini adalah satu-satunya powder mixer higienis yang mampu menarik bubuk ke dalam unit sekaligus memompa cairan proses yang dihasilkan pada tekanan lebih dari 4 bar menggunakan penggerak listrik tunggal, sementara powder mixer lainnya memerlukan hingga 4 penggerak listrik.

Dengan menggabungkan pemompaan dan mixing, powder mixer serbaguna dan mudah digunakan ini dapat menghasilkan produk homogen dengan produktivitas tinggi sekaligus memberikan penghematan energi yang signifikan.

Aplikasi – Kapan Menggunakan Hybrid Powder Mixer?

Hybrid Powder Mixer adalah pilihan terbaik untuk mencampur zat pengental, zat penstabil/stabilizer dan zat pengemulsi/emuslifier menjadi konsentrasi yang diperlukan dalam sebagian besar aplikasi higienis di industri susu, minuman dan makanan. Alat ini juga mampu menghasilkan susu rekombinasi dengan lebih dari 50% bahan kering.

Hybrid Powder Mixer utamanya cocok untuk digunakan pada bubuk yang tidak mudah larut seperti :

  • Pektin, sebagai zat pengental dan stabilizer
    mixing pektin
  • Xanthan gum, terutama digunakan sebagai zat pengental dan stabilizer
    mixing xanthan gum
  • Karagenan (E407), sebagai zat pengental dan stabilizer
    mixing karagenan
  • CMC (Carboxy Methyl Cellulose), sebagai zat pengental dan stabilizer
    mixing cmc
  • Gum arab, sebagai zat stabilizer dan pengental
    mixing gum arab

Keunggulan Hybrid Powder Mixer

Keunggulan dari Hybrid Powder Mixer di antaranya :

  • Pelarutan bubuk yang cepat dan homogen
  • Mengurangi biaya kepemilikan dan instalasi dengan menggabungkan pemompaan, pencampuran bubuk, dan tank mixing dalam satu unit
  • Mengurangi biaya pengoperasian dengan hanya membutuhkan satu motor listrik untuk sistem yang lengkap
  • Tekanan tinggi hingga 4 bar (60 psi) tanpa pompa tambahan
  • Membutuhkan lebih sedikit spare part dan memiliki spare part yang sama dengan pompa LKH dari Alfa Laval
  • Lebih sedikit kebisingan

Keunggulan Standar Desain Instalasi

Untuk bubuk yang sulit larut dengan viskositas di atas 200cP di dalam mixer, instalasi menggunakan tri-blender tradisional memerlukan hingga 5 motor listrik untuk seluruh sistem. Dan powder mixer lainnya membutuhkan 3 hingga 4 motor listrik.

Sementara Hybrid Powder Mixer Alfa Laval hanya membutuhkan 1 motor listrik 15kW, dengan level kebisingan rendah (85-87 dB) dan memungkinkan penambahan peralatan tambahan di circulation loop.

Powder Mixer Triblender Tradisional
Powder Mixer Merk Lain
Powder Mixer Merk Lain
Hybrid Powder Mixer Alfa Laval

Dengan hanya membutuhkan motor tunggal, Hybrid Powder Mixer Alfa Laval dapat membuat vakum di bawah funnel, mengoperasikan high shear equipment dan memompa keluar cairan dengan tekanan keluaran yang tinggi (hingga 4 bar, 60 psi).

Prinsip Kerja

Hybrid Powder Mixer 2-stage inline Alfa Laval umumnya diintegrasikan ke dalam lingkaran sirkulasi yang terhubung ke tangki.

Setelah menambahkan bahan cair ke tangki, Hybrid Powder Mixer mengedarkan cairan di atas tangki. Untuk memberikan tambahan mixing dengan efisiensi tinggi untuk tangki dengan volume lebih besar dari 1-2 m3, sangat disarankan untuk memasang Rotary Jet Mixer Alfa Laval.

Saat menambahkan bubuk ke cairan, bubuk ditambahkan melalui funnel/corong. Ketika valve di bawah funnel dibuka, injektor yang diletakkan di bawah valve membuat underpressure di outlet funnel sehingga menarik bubuk ke dalam rotor-stator dan pra-pencampuran produk. Rotor/stator (single rings) menciptakan gesekan utama, secara dinamis dan efisien mencampurkan bubuk dan cairan menjadi campuran homogen.

Impeller pompa pada stage kedua menciptakan gesekan akhir dan mentransfer campuran bubuk-cairan ke dalam tangki di bawah tekanan tinggi. Sebagian dari campuran bubuk-cair dikirim melalui injektor kembali ke stage 1. Dengan cara ini, aliran cairan di injektor menciptakan underpressure di outlet funnel, yang memungkinkan penghisapan dinamis bubuk ke dalam cairan.

Setelah proses mixing selesai, Hybrid Powder Mixer dapat digunakan sebagai discharge pump atau sebagai pompa resirkulasi Cleaning-in-Place (CIP) untuk membersihkan tangki apabila digunakan bersama dengan Rotary Jet Mixer Alfa Laval.

Hubungi Kami

Dengan Hybrid Powder Mixer, Anda dapat memaksimalkan produktivitas dan penghematan energi. Apabila Anda tertarik dengan Hybrid Powder Mixer, atau Anda memiliki kendala terhadap equipment powder mixer, tank cleaning dan pompa Alfa Laval Anda, maka Anda dapat menghubungi PT. Kusuma Teknik Persada sebagai authorized distributor Alfa Laval di Indonesia melalui kontak kami di bawah ini :

E-mail : sales@kusumateknik.co.id
WhatsApp : +62 878-5277-0441
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-55785429 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?