Slidedf

Rotary Jet Mixer : Mixing Equipment Sekaligus Tank Cleaning

Alfa laval telah men-suplai berbagai peralatan untuk tangki yang digunakan dalam banyak proses industri. Hal tersebut menjadikan portofolio Alfa laval berkembang pesat. Termasuk peralatan tangki untuk mixing, yang kini dengan inovasi terbaru Alfa Laval dikembangkan Rotary Jet Mixer yang membawa teknologi mixing ke tingkat yang lebih tinggi.

Apa itu Rotary Jet Mixer?

Rotary Jet Mixer merupakan mixer higienis untuk industri makanan, minuman, dan lainnya. Alat ini didasarkan pada rekayasa ulang teknologi Rotary Jet Heads sehingga membuat proses mixing menjadi lebih cepat, efisien dan homogen tanpa batch rotation dan penggunaan baffle. Alat ini dapat menangani berbagai aplikasi seperti liquid mixing, gas dispersion, powder mixing dan juga tank cleaning, yang secara efektif mengurangi mixing time, konsumsi energi dan biaya.

Cara Kerja

Rotary Jet Mixer  diposisikan di bawah permukaan liquid. Liquid dikeluarkan melalui bawah tangki. Untuk mencapai sirkulasi yang optimal di dalam tangki, sistemnya menggunakan loop sirkulasi tertutup. Dua atau empat nosel berputar dengan sumbu horizontal dan vertical. Rotasi ganda ini memungkinkan jet mencapai seluruh volume tangki, menghasilkan pencampuran cairan, gas, atau bubuk secara cepat dan efisien. Untuk kebutuhan mixing yang lebih cepat, beberapa alat dapat dipasang secara series/rangkaian.

Traditional Mixing vs Rotary Jet Mixer

Mixing menggunakan teknologi tradisional umumnya menghasilkan pola sirkulasi satu sumbu, vertical atau horizontal saja.  Sementara pada Rotary Jet Mixer noselnya berputar ke kedua sumbu membentuk loop resirkulasi 360 derajat sehingga lebih bisa untuk mencapai seluruh volume tangki.

tradional mixing vs rotary jet mixer

Selain itu dibandingkan dengan teknologi tradisional, dispersi gas saat menggunakan alat ini lebih efektif karena gelembung kecil yang dihasilkan. Alat ini juga bisa membuat proses powder dispersion berlangsung secara efektif dan cepat, baik ketika powder ditambahkan ke tangki secara langsung melalui tank cover, maupun melalui powder mixer dalam sirkulasi.

Dalam teknologi tradisional, dibutuhkan alat dan jalur berbeda untuk proses CIP. Sementara pada Rotary Jet Mixer, satu alat bisa digunakan sekaligus untuk liquid blending, gas dispersion sekaligus CIP.

rotary jet mixer vs traditional mixer
One tank for all purposes

Aplikasi

  • Mixing miscible liquids
    Mixing miscible liquids
  • Dispersi gas ke dalam liquid
    Dispersi gas ke dalam liquid
  • Pelarutan bubuk ke dalam liquid
    Pelarutan bubuk ke dalam liquid
  • Membersihkan tangki
    cip - cleaning in place

Case Story

Perusahaan Inggris Serious Food Company

Mixing smoothies

company case study

Tantangan :

Tantangan saat mencampur smoothies adalah : 1) mendapatkan campuran yang stabil dan homogen dari purée buah dengan viskositas tinggi  1– 8000 cP (end-product 20–300 cP) dan jus segar berserat tinggi, 2) perlunya waktu yang lama dalam proses mixing, dan 3) kesulitan untuk membersihkan tangki setelah batch produksi.

Solusi :

Tiga tangki dengan volume 15m3 dilengkapi dengan dua Alfa Laval Iso-Mix Rotary Jet Mixer. Nosel pada alat ini mencapai keseluruhan volume tangki sehingga menghasilkan mixing yang cepat dan efisien.

case study rotary jet mixer alfa laval

Hasil :

Teknologi Rotary Jet Mixer terbukti lebih cepat daripada teknologi tradisional, sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar hingga  12,000 EUR per tangki. Selain itu campuran yang dihasilkan lebih homogen dan stabil. Dengan instalasi alat ini, Serious Food Company memperoleh desain plant yang hemat biaya karena biaya maintenance yang rendah, dan tingkat sanitasi yang lebih tinggi di dalam tangki karena alat ini juga bisa digunakan untuk membersihkan tangki kosong (CIP).

Hubungi Kami

Apabila Anda memiliki kebutuhan atau kendala pada equipment Alfa Laval Anda, silahkan menghubungi PT. Kusuma Teknik Persada sebagai Authorized Distributor Alfa Laval Indonesia melalui kontak di bawah ini :
E-mail : info@kusumateknik.co.id
WhatsApp : +62 878-5277-0441
Telepon : +62-31-8412627 (SURABAYA), +62-21-55785429 (JAKARTA)

×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp

× How can I help you?